Materi dam Skill Bahasa Inggris yang Akan Keluar dan di Ujikan di Ujian Nasional SMP 2016

Materi dan skill apa yang akan muncul di ujian Bahasa Inggris dalam ujian nasional SMP tahun 2016? Inilah jawabannya.


Ujian nasional Bahasa Inggris masih dalam bentuk pilihan ganda dengan 50 pertanyaan untuk menguji kemampuan membaca (reading). Apa yang diujikan?

Pertama

Siswa mampu mengidentifikasi topik/tujuan teks fungsional pendek (pesan singkat, undangan, pengumuman, iklan, dan surat) dan esei pendek (deskriptif, prosedur, naratif, recount dan report)

Kedua

Siswa mampu mengidentifikasi langkah kerja/urutan/alur/plot dari kejadian/peristiwa/tindakan dalam teks fungsional pendek (pesan singkat, undangan,pengumuman, iklan, dan surat) dan esei pendek (deskriptif, prosedur, naratif, recount dan report)

Ketiga

Siswa mampu mengidentifikasi ungkapan/kata yang memiliki makna yang sama yang terdapat dalam teks fungsional pendek (pesan singkat, undangan,pengumuman, iklan, dan surat) dan esei pendek (deskriptif, prosedur, naratif, recount dan report)

Keempat

Siswa mampu siswa mampu menerapkan fungsi detil dari setiap langkah /alat/peristiwa/ bagian/aspek yang ada disebutkan dalam teks dalam teks fungsional pendek (pesan singkat, undangan,pengumuman, iklan, dan surat) dan esei pendek (deskriptif, prosedur, naratif, recount dan report)

Kelima

Siswa mampu siswa mampu menentukan susunan kata/kalimat acak dalam teks fungsional pendek (pesan singkat, undangan,pengumuman, iklan, dan surat) dan esei pendek (deskriptif, prosedur, naratif, recount dan report) yang tepat

Keenam

Siswa mampu menentukan kata yang tepat untuk melengkapi teks dalam teks fungsional pendek (pesan singkat, undangan,pengumuman, iklan, dan surat) dan esei pendek (deskriptif, prosedur, naratif, recount dan report menentukan bentuk gramatika yang tepat sesuai konteks dalam teks dalam teks fungsional pendek (pesan singkat, undangan,pengumuman, iklan, dan surat) dan esei pendek (deskriptif, prosedur, naratif, recount dan report)

Ketujuh

Siswa mampu menyimpulkan fungsi/ akibat/efek setelah membaca teks dalam teks fungsional pendek (pesan singkat, undangan,pengumuman, iklan, dan surat) dan esei pendek (deskriptif, prosedur, naratif, recount dan report

Kedelapan

Siswa mampu menyimpulkan hasil dari langkah-langkah tindakan yang terdapat dalam teks dalam teks fungsional pendek (pesan singkat, undangan,pengumuman, iklan, dan surat) dan esei pendek (deskriptif, prosedur, naratif, recount dan report

Kesembilan

Siswa dapat mengidentifikasi topik/tujuan teks fungsional pendek:
- Invitation
- Announcement
- Advertisement
- Letter;
Esai pendek:
- Descriptive
- Procedure
- Recount
- Narrative
- Report

Kesepuluh

Siswa dapat mengidentifikasi langkah kerja/urutan/alur/plot dari kejadian/peristiwa/ tindakan dalam teks esai pendek:
- Procedure
- Recount
- Narrative
- Descriptive
- Report

Kesebelas

Siswa dapat mengidentifikasi ungkapan/kata yang memiliki makna yang sama dalam teks fungsional pendek:
- Invitation
- Announcement
- Advertisement
- Letter;
Esai pendek:
- Descriptive
- Procedure
- Recount
- Narrative
- Report

Keduabelas

Siswa mampu menentukan kata atau bentuk gramatika yang tepat untuk melengkapi teks esai pendek
- Narrative
- Recount
- Procedure

Ketigabelas

Siswa dapat menerapkan fungsi detil dari setiap langkah/alat/peristiwa/bagian/aspek yang ada disebutkan dalam teks fungsional pendek:
- invitation
- announcement
- advertisement
- Letter;
Esai pendek:
- Descriptive
- Procedure
- Recount
- Narrative
- Report

Keempatbelas

Siswa dapat menjelaskan keterkaitan antara langkah satu dengan yang lainnya dalam teks fungsional pendek:
- Invitation
- Announcement
- Advertisement
- Letter;
Esai pendek:
- Descriptive
- Procedure
- Recount
- Narrative
- Report

Kelimabelas

Siswa mampu menentukan susunan kata yang tepat dalam kalimat yang terdapat dalam teks esai pendek:
- Descriptive
- Procedure
- Recount
- Narrative
- Report

Keenambelas

Siswa dapat menentukan akibat setelah membaca teks fungsional pendek:
- Invitation
- Announcement
- Advertisement
- Letter;
Esai pendek:
- Descriptive
- Procedure
- Recount
- Narrative
- Report

Ketujuhbelas

Siswadapat menyimpulkan hasil dari langkah yang dilakukan atau tidak dilakukan dalam teks fungsional pendek:
- Invitation
- Announcement
- Advertisement
- Letter;
Esai pendek:
- Descriptive
- Procedure
- Recount
- Narrative
- Report
Copas dari : http://www.sekolahoke.com/

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.