Materi dam Skill Bahasa Inggris yang Akan Keluar dan di Ujikan di Ujian Nasional SMP 2016
Materi dan skill apa yang akan muncul di ujian Bahasa Inggris dalam ujian nasional SMP tahun 2016? Inilah jawabannya.
Ujian nasional Bahasa Inggris masih dalam bentuk pilihan ganda dengan 50 pertanyaan untuk menguji kemampuan membaca (reading). Apa yang diujikan?
Pertama
Siswa mampu mengidentifikasi topik/tujuan teks fungsional pendek (pesan singkat, undangan, pengumuman, iklan, dan surat) dan esei pendek (deskriptif, prosedur, naratif, recount dan report)
Kedua
Siswa mampu mengidentifikasi langkah kerja/urutan/alur/plot dari kejadian/peristiwa/tindakan dalam teks fungsional pendek (pesan singkat, undangan,pengumuman, iklan, dan surat) dan esei pendek (deskriptif, prosedur, naratif, recount dan report)
Ketiga
Siswa mampu mengidentifikasi ungkapan/kata yang memiliki makna yang sama yang terdapat dalam teks fungsional pendek (pesan singkat, undangan,pengumuman, iklan, dan surat) dan esei pendek (deskriptif, prosedur, naratif, recount dan report)
Keempat
Siswa mampu siswa mampu menerapkan fungsi detil dari setiap langkah /alat/peristiwa/ bagian/aspek yang ada disebutkan dalam teks dalam teks fungsional pendek (pesan singkat, undangan,pengumuman, iklan, dan surat) dan esei pendek (deskriptif, prosedur, naratif, recount dan report)
Kelima
Siswa mampu siswa mampu menentukan susunan kata/kalimat acak dalam teks fungsional pendek (pesan singkat, undangan,pengumuman, iklan, dan surat) dan esei pendek (deskriptif, prosedur, naratif, recount dan report) yang tepat
Keenam
Siswa mampu menentukan kata yang tepat untuk melengkapi teks dalam teks fungsional pendek (pesan singkat, undangan,pengumuman, iklan, dan surat) dan esei pendek (deskriptif, prosedur, naratif, recount dan report menentukan bentuk gramatika yang tepat sesuai konteks dalam teks dalam teks fungsional pendek (pesan singkat, undangan,pengumuman, iklan, dan surat) dan esei pendek (deskriptif, prosedur, naratif, recount dan report)
Ketujuh
Siswa mampu menyimpulkan fungsi/ akibat/efek setelah membaca teks dalam teks fungsional pendek (pesan singkat, undangan,pengumuman, iklan, dan surat) dan esei pendek (deskriptif, prosedur, naratif, recount dan report
Kedelapan
Siswa mampu menyimpulkan hasil dari langkah-langkah tindakan yang terdapat dalam teks dalam teks fungsional pendek (pesan singkat, undangan,pengumuman, iklan, dan surat) dan esei pendek (deskriptif, prosedur, naratif, recount dan report
Kesembilan
Siswa dapat mengidentifikasi topik/tujuan teks fungsional pendek:
- Invitation
- Announcement
- Advertisement
- Letter;
Esai pendek:
- Descriptive
- Procedure
- Recount
- Narrative
- Report
Kesepuluh
Siswa dapat mengidentifikasi langkah kerja/urutan/alur/plot dari kejadian/peristiwa/ tindakan dalam teks esai pendek:
- Procedure
- Recount
- Narrative
- Descriptive
- Report
Kesebelas
Siswa dapat mengidentifikasi ungkapan/kata yang memiliki makna yang sama dalam teks fungsional pendek:
- Invitation
- Announcement
- Advertisement
- Letter;
Esai pendek:
- Descriptive
- Procedure
- Recount
- Narrative
- Report
Keduabelas
Siswa mampu menentukan kata atau bentuk gramatika yang tepat untuk melengkapi teks esai pendek
- Narrative
- Recount
- Procedure
Ketigabelas
Siswa dapat menerapkan fungsi detil dari setiap langkah/alat/peristiwa/bagian/aspek yang ada disebutkan dalam teks fungsional pendek:
- invitation
- announcement
- advertisement
- Letter;
Esai pendek:
- Descriptive
- Procedure
- Recount
- Narrative
- Report
Keempatbelas
Siswa dapat menjelaskan keterkaitan antara langkah satu dengan yang lainnya dalam teks fungsional pendek:
- Invitation
- Announcement
- Advertisement
- Letter;
Esai pendek:
- Descriptive
- Procedure
- Recount
- Narrative
- Report
Kelimabelas
Siswa mampu menentukan susunan kata yang tepat dalam kalimat yang terdapat dalam teks esai pendek:
- Descriptive
- Procedure
- Recount
- Narrative
- Report
Keenambelas
Siswa dapat menentukan akibat setelah membaca teks fungsional pendek:
- Invitation
- Announcement
- Advertisement
- Letter;
Esai pendek:
- Descriptive
- Procedure
- Recount
- Narrative
- Report
Ketujuhbelas
Siswadapat menyimpulkan hasil dari langkah yang dilakukan atau tidak dilakukan dalam teks fungsional pendek:
- Invitation
- Announcement
- Advertisement
- Letter;
Esai pendek:
- Descriptive
- Procedure
- Recount
- Narrative
- Report
Copas dari : http://www.sekolahoke.com/
Copas dari : http://www.sekolahoke.com/
Tidak ada komentar: